Senin, Mei 04, 2009

Entrepreneurship

Munculnya liberalisasi perdagangan internasional seperti AFTA di tingkat ASEAN, APEC di tingkat Asia Pasifik, dan WTO di tingkat dunia tidak terlepas dari pengaruh globalisasi. Secara tidak langsung globalisasi mengakibatkan semakin meningkatnya jumlah persaingan. Sehingga ketersediaan lapangan pekerjaan dan kesempatan memperoleh pekerjaan semakin sempit dibandingkan dengan pesatnya jumlah pencari kerja, khususnya bagi kalangan yang tidak mampu bersaing.

Tantangan dunia kerja saat ini menjadi pemikiran serius di semua lapisan maupun kalangan masyarakat, yang kelak akan dihadapi bangsa kita sebagai hambatan dalam meningkatkan kesejahteraan bersama. Faktor Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan faktor yang sangat menentukan untuk meningkatkan kompetensi yang dapat membawa ke dalam persaingan global. Kekhawatiran mahasiswa sebagai calon pencari kerja atau pencipta lapangan pekerjaan menjadi pergumulan tersendiri, baik di tengah keterbatasan ekonomi maupun adanya komersialisasi kampus.

Namun, dorongan utama yang perlu dilakukan adalah persiapan keahlian dan keterampilan baik secara soft-skill maupun hard-skill seperti pelayanan kantin, perpustakaan, media internet dan sebagainya. Melalui upaya-upaya inilah, mahasiswa juga termotivasi untuk terlatih dalam hal manajemen kerja/entrepreunership. Oleh karena itu, organisasi umumnya dan mahasiswa khususnya harus memiliki kesadaran, tidak goyah, harus mau dan dapat berubah secara adaptif oleh motivasi pendidikan yang baik. Di sinilah peran pendidikan nasional maupun organisasi kemahasiswaan, yaitu mempersiapkan mahasiswa/kader menjadi lulusan dengan SDM yang mapan dan mampu mengaplikasikan keahlian entrepreunership-nya di tengah pekerjaan dan dunia bisnis yang membawa kemajuan bagi masyarakat, bangsa dan negara.

(Pengantar Konperensi Studi Lokal 2009 GMKI Bandung, 09 Mei 2009 jam 18.00 WIB)

Related Article...



0 komentar:

Posting Komentar

---------------------------------------------------------------------

ADMIN ONLINE STATUS

GMKI Bdg
Henry

Peta Alamat Sekretariat GMKI Bandung

Lihat Semua Arsip

BUKOM ONLINE

Ekspresikan diri Anda buat rekan2 GMKI'ers melalui Bukom Online dibawah ini.
Pasang emoticon, klik tanda +

Tulis pesan, kritik, dan saran Anda



Back to TOP